Wisata Religi ke Masjid Etnik di Penjuru Tanah Air


Sejumlah bangunan masjid di Indonesia dibangun dengan konsep yang megah dan nyaman untuk tempat beribadah. Namun, ada pula beberapa masjid yang memiliki arsitektur unik, lantaran mengusung konsep etnik dengan balutan modern.

Selain etnik dan penuh nuansa tradisional, beberapa juga dibangun megah dengan terinspirasi bangunan bersejarah dunia. Masjid manakah itu? Berikut ulsasannya.

1. Masjid Al – Irsyad

Masjid ini terletak di Jalan Parahyangan KM 2,7 Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Keunikan dari masjid yang dibangun pada 2009 itu terletak pada desainnya berupa kubus.

Bentuk ini terinspirasi dari Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Keunikan lain terletak pada fasad masjid yang terdiri atas susunan concrete blok.  Susunan ini membentuk kaligrafi kalimat As-Syahadah. Masjid Al – Irsyad pernah mendapatkan penghargaan sebagai The World Building of The Year 2011 untuk kategori bangunan religi, menurut Archdaily & Green Leadership Awal tahun 2011 dari BCl Asia.

2. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid ini  berada di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat. Keunikannya, masjid Raya Sumatera Barat dibangun tanpa kubah, namun tetap menarik perhatian dengan atap berupa segi empat yang tiap sudut meruncing ke atas khas rumah gadang.  Ornamen Minang juga tergambar jelas di masjid ini, terutama pada bagian dinding masjid. Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 40.343 meter persegi ini mampu menampung jamaah hingga 20.000 orang.

3. Masjid Raya Bani Umar

Masjid ini berlokasi di Jl. Graha Bintaro, Parigi Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Masjid Raya Bani Umar juga tidak memiliki kubah seperti Masjid Raya Sumatera Barat.  Tempat ibadah ini memiliki menara setinggi 59 meter, dan dibangun pada area seluas 1,2 hektar. Masjid Raya Bani Umar diresmikan pada tahun 2008 oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.  

Itu tadi tiga masjid di sejumlah wilayah di Indonesia dengan arsitektur unik. Selain nyaman untuk beribadah, fasilitas yang dimiliki pun juga sangat lengkap sebagai masjid berskala nasional.

Bagikan:

Tinggalkan komentar