Induk Grup Lippo Lego Saham MFMI ke Investor asal Hong Kong


Induk usaha Grup Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL) menjual seluruh saham atau divestasi PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (MFMI) kepada perusahaan asal Hong Kong, Iron Mountain Hong Kong Limited.

Transaksi ini merupakan kelanjutan dari Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat atau Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) pada Desember 2020 lalu. Selama ini, Multipolar menggenggam 26,47% saham perusahaan pengelola dokumen tersebut.

Selain Multipolar, pemegang saham lainnya yaitu PT Surya Cipta Investama dan PT Cahaya Investama juga menjual seluruh kepemilikan saham MFMI pada 4 Mei 2021. Berdasarkan keterbukaan informasi, para pemegang saham telah melepas total 700.425.400 saham atau mewakili 92,46% dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam MFMI.

“Para investor telah melaksanakan penjualan saham yang dijual kepada pembeli dan karenanya hak atas saham yang dijual telah sepenuhnya beralih kepada pembeli. Pembeli telah menjadi pengendali baru MFMI,” kata Sekretaris Perusahaan MFMI Senjaya Bidjaksana dalam keterbukaan informasi, Selasa (4/5).

MFMI merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang usaha dokumentasi dan penginformasian, pengorganisasian, penyimpanan, peminjaman, dan kegiatan pencarian kembali arsip dan dokumen dalam bentuk kertas maupun data elektronik. Serta, implementasi penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras, dan kegiatan alih media melalui teknologi imaging atau printing.

Usai transaksi ini, saham MFMI di Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup menguat 1,59% menjadi Rp 640 per saham pada perdagangan hari ini. Tercatat, investor asing melakukan pembelian terhadap saham ini senilai Rp 190,52 miliar yang seluruhnya dilakukan pada pasar negosiasi atau tunai.

Berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 12 April 2021, pemegang saham menyetujui perubahan susunan dewan komisaris dan direksi MFMI. Hal ini berlaku pada pelaksanaan pengalihan saham. Dengan transaksi yang dilakukan pada hari ini, maka susunan komisaris dan direksi MFMI adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris
– Presiden Komisaris: Gregory Mark Lever
– Komisaris: Richard Gordon Johnstone
– Komisaris Independen: Patricia Marina Sugondo

Direksi
– Presiden Direktur: Daniel James Alperin
– Direktur: Bathmanathan Ponushamy
– Direktur: Sandeep Jayant Potdar
– Direktur: Sylvia Lestariwati F K

Bagikan:

Tinggalkan komentar