Panduan Membeli Perumahan Syariah Murah Yang Perlu Anda Ketahui

1 min read


KOPI, Jakarta – Memilih investasi memang tidak sama seperti beli barang lain seperti baju di butik, ada semakin banyak pertimbangan untung ruginya. Misalnya ialah saat dihadapkan pada dua opsi yakni perumahan syariah atau perumahan konvensional. Sekarang ini, sistem pembayaran syariah makin disukai bersamaan dengan kesadaran warga mengenai imbas riba yang menjerumuskan.

Apa lagi untuk seorang muslim yang dengan jelas sudah dikasih ketentuan dalam Al-Quran untuk menjauhi dari riba. Diantaranya disebut dalam Surat Ali Imron ayat 130 “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.”

Ada ketidaksamaan yang fundamental di antara perumahan syariah murah dan perumahan konservatif yakni pada penentuan bunga/riba. Perumahan konservatif dengan mekanisme KPR memberi bunga dari awalnya sampai akhir periode utang. Tipe bunga juga ada dua yang masih dan mengambang (floating). Sedang pada perumahan syariah memakai konsep ikrar Murabahah (jual beli), di mana tidak ada penentuan mekanisme bunga hingga angsuran pembayaran nilainya masih selama saat tenor.

Disamping itu, dalam mekanisme pembayaran syariah tidak ada ancaman atau denda bila customer telat atau menunggak sama seperti yang dilaksanakan oleh perumahan konservatif. Dalam mekanisme perumahan syariah, segala hal dapat dibicarakan dan dicarikan jalan keluar yang memberikan keuntungan masing-masing faksi baik developer atau konsumen.

Sesudah mengetahui perbedaan antara perumahan syariah dan konvensional, sebaiknya ketahui beberapa tips tepat dalam membeli perumahan syariah yang memberikan keuntungan untuk dijadikan investasi hari esok. Berikut cara-caranya:

  • Legalistas. Ini ialah point khusus saat sebelum beli propert, yakinkan jika Anda pilih rumah yang mempunyai status SHM (Sertifikat Hak Punya) atau SHGB (Sertifikat Hak Buat Bangunan).
  • Posisi vital. Sebagai calon konsumen, Anda harus mempunyai insting yang kuat untuk ketahui prospect pembangunan di periode akan tiba, tidak boleh cuman menyaksikan keadaan di masa kini tapi harus ada pengetahuan mengenai perubahan pembangunan di depan. Salah satunya pertimbangannya ialah akses jalanan.
  • Sarana perumahan. Ide perumahan syariah diinginkan bukan hanya sistem pembayarannya saja yang mengikut aturan agama tapi juga nuansa lingkungannya. Pilih perumahan yang mempunyai sarana yang mendukung aktivitas keagamaan. Misalnya perumahan yang diperlengkapi dengan mushola, rumah tahfiz, ajang bermain beberapa anak dan sebagainya.
  • Harga dapat dijangkau. Perumahan syariah mempunyai banyak range harga dari rumah imut sampai rumah eksklusif. Pilih sesuai kekuatan Anda dengan menimbang type rumah dan posisi pembangunan.
  • Posisi rumah. Rumah yang dibeli tentu ditujukan untuk ditempati, hingga Anda perlu pilih status rumah yang nyaman untuk periode panjang. Sebaiknya Anda pilih rumah yang menghadap menuju timur menghadap ke cahaya matahari pagi karena cahaya matahari pagi baik untuk kesehatan yang tinggal di rumah dan jika malam datang, Anda tidak berasa kepanasan. Status rumah di pojokan lebih memberikan keuntungan karena Anda dapat memperoleh kelebihan tanah.

Demikian tips Panduan Membeli Perumahan Syariah Murah dengan Baik, seoga bermanfaat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *