Ide Bisnis Online untuk Anak Sekolah dan Mahasiswa yang Menguntungkan

3 min read


KOPI, Jakarta – Sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa, pernahkah Anda ingin memiliki sebuah bisnis untuk menambah penghasilan? Saat ini, tidak sedikit mahasiswa atau pelajar yang sudah memulai usaha secara online.

Bisnis online sendiri bisa dibilang sebuah usaha yang cukup praktis untuk mendapatkan keuntungan. Karena kita hanya membutuhkan internet dan perangkat, baik smartphone, laptop ataupun komputer, serta produk atau jasa yang Anda jual. Jadi, tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membeli atau kontrak ruko untuk toko komersial.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa bisnis online saat ini banyak digemari orang, terutama para pelajar dan mahasiswa.Namun, sebagai pemula tentu Anda masih bingung bisnis online apa yang cocok untuk anak sekolah dan mahasiswa. Sebenarnya, ide bisnis online sendiri tidak ada habisnya, semua tergantung kekreatifitasan dan kemampuan Anda sendiri.

Untuk itu, berikut ini beberapa ide bisnis online untuk pemula yang cocok dijalankan oleh anak sekolah (SMP atau SMA) dan mahasiswa.

1. Reseller dan Dropshipper Online

Pertama yaitu menjadi reseller atau dropshipper online. Namun sebelumnya, apasih arti dari keduanya?Buat Anda yang belum tau, reseller dan dropship merupakan trend bisnis yang sedang ramai dilakukan orang. Namun, keduanya memiliki sistem kerja yang berbeda.

Dilansir dari Maxmanroe.com, reseller adalah model bisnis yang mana penjual harus membeli stok barang yang banyak. Nantinya, seorang reseller akan menjual ulang barang tersebut dengan harga kompetitif yang sudah ditentukan sendiri.

Sedangkan, dropshipp tidak perlu memiliki stok barang. Seorang dropshipper hanya fokus untuk mencari konsumen dan orderan masuk diarahkan pada detail pengiriman supplier. Singkatnya, dropsipper hanyalah sebuah perantara saja.

Jika dilihat dari segi modal, tentu reseller perlu mengeluarkan uang sedikit lebih besar untuk membeli stok barang, dan dijual ulang dengan harga sesuai keinginan kita. Dropshipp tidak perlu memiliki stok barang, namun harga sudah ditentukan oleh supplier.

Jika dilihat dari segi untung, tentunya reseller lebih untung dari pada dropship, karena reseller bisa menjual barang dengan harga kompetitif sesuai keinginan. Namun, semua kembali ke diri Anda sendiri. Jika Anda benar-benar fokus, bisa saja dropshipp cukup menguntungkan!

2. Program Afiliasi

Orang awam mungkin masih asing dengan program afiliasi, yang mana saat ini menjadi sebuah bisnis favorit bagi orang yang menghabiskan waktu di internet.

Cara kerja bisnis online ini cukup mudah, Anda hanya mencari program afiliasi dari penyedia jasa ataupun produk di internet, dan nantinya Anda akan mendapatkan link afiliasi untuk disebarkan.

Setiap orang yang menekan link tersebut, mereka akan diarahkan ke situs web supplier. Jika mereka membeli produk atau jasa, Anda akan mendapatkan komisi yang sudah ditetapkan oleh supplier itu sendiri.

Biasanya program afiliasi ini terdapat pada penyedia produk digital ataupun toko online, seperti layanan web hosting, perusahaan booking hotel, penginapan, ataupun travel.

3. Jasa Editing Video

Jika memiliki kemampuan untuk mengedit video, atau bahkan bisa membuat video sendiri, seperti 3D atau slideshow pernikahan, Anda bisa membuka layanan jasa edit video. Saat ini, cukup banyak orang yang membutuhkan layanan ini.

Anda bisa memasarkan kemampuan ini pada situs-situs freelancer yang saat ini cukup banyak tersebar di internet, baik situs freelancer lokal hingga luar negeri.

Namun, pastikan Anda sudah menguasai software editing seperti Vegas Pro, Adobe Premier, atau Filmora.

4. Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Barang bekas yang masih layak pakai tentu bisa menghasilkan uang jika Anda pandai mengelolanya. Jual beli barang bekas saat ini menjadi tren menghasilkan cuan yang lumayan untuk menambah penghasilan.

Mudah saja, misalkan Anda mampu mereparasi atau memperbaiki HP yang rusak. Pastikan Anda memiliki sedikit modal untuk membeli HP rusak, baik mati total, ataupun kerusakan lain. Perbaiki HP tersebut, dan jual dengan harga yang melebihi dari harga beli.

Permainan ini jika ditekuni bisa menghasilkan cuan yang terbilang besar. Tak hanya terbatas HP saja, laptop, komputer, ataupun barang lainnya bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

5. Youtuber dan Blogger

Nah, yang satu ini pasti Anda sudah cukup familiar bukan? Youtuber dan Blogger menjadi salah satu sasaran untuk mendapatkan penghasilan sampingan dari sebagian besar orang. Bahkan, saat ini tidak sedikit juga yang fokus pada karir ini, dan menjadi sumber penghasilan utama.

Youtuber dan Blogger membutuhkan basic yang berbeda, yang mana youtuber sendiri minimal Anda pandai bicara secara lisan, sedangkan blogger Anda harus mampu menulis tulisan yang rapi dan ejaan kata yang benar.

Setelah memasuki salah satu dari ide bisnis ini, terdapat banyak sekali materi yang harus Anda pahami betul-betul. Karena seperti yang diketahui, semakin hari banyak sekali muncul blog atau kanal youtube baru, yang mana Anda harus pandai riset untuk bersaing.

Darimana penghasilan Youtuber dan Blogger?

Sebagai youtuber, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, endorsement, dan Anda bisa mempromosikan produk atau jasa sendiri jika punya.

Sedangkan sumber penghasilan blogger yaitu dari iklan, menjual jasa artikel, dan masih banyak lagi. Jika Anda mahir dalam dunia blogging khususnya SEO, banyak sekali peluang yang akan Anda dapatkan untuk menghasilkan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai ide bisnis online untuk pelajar ataupun mahasiswa. Masih banyak sekali ide bisnis yang belum tersampaikan, semua kembalikan pada kemampuan Anda.Misalkan jika Anda mahir bermain game, Anda bisa menjadi streamer, dan lain sebagainya. Silahkan diam sejenak untuk memikirkan bagaimana Anda bisa mendapatkan penghasilan dari kelebihan yang dimiliki, lalu silahkan beraksi!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *