Xiaomi Redmi Note 8 Pro VS Redmi Note 9 Pro, Mana yang Lebih Worth It di 2021?

2 min read


KOPI, Jakarta – Teknologi merupakan salah satu bidang yang memiliki kecepatan perkembangan sangat cepat, saking cepatnya perkembangan di bidang teknologi seringkali membuat barang yang awalnya seperti mutiara menjadi sesuatu yang biasa saja atau bahkan menjadi sesuatu yang tak layak untuk dibeli.

Dari bidang teknologi tersebut, smartphone merupakan salah satu sektor yang memiliki kecepatan perkembangan yang luar biasa cepat, hal ini dibuktikan dengan cepatnya vendor-vendor smartphone mengeluarkan produk-produk terbarunya.

Salah satu vendor yang sangat cepat dalam mengeluarkan produk baru adalah Xiaomi. Xiaomi terkenal dengan kecepatanya dalam mengeluarkan produk baru dengan harga perusak pasar yang membawa spesifikasi lebih baik dan inovasi-inovasi baru didalamnya.

Meski begitu, terkadang vendor seperti Xiaomi juga tidak selalu menawarkan gebrakan besar pada produk-produk terbarunya, hal ini biasanya dikarenakan belum adanya perkembangan pesat dari teknologi yang ada atau karena vendor sedang mempersiapkan gebrakan untuk produknya di masa depan.

Sebagai contoh saja antara Redmi Note 8 Pro dengan Redmi Note 9 Pro, diantara kedua smartphone tersebut belum ada upgrade yang benar-benar besar dan berarti sehingga para calon pembeli seringkali menganggap Xiaomi Redmi Note 8 Pro lebih worth untuk dibeli.

Lalu manakah yang sebenarnya lebih worth it untuk dibeli? Apakah Redmi Note 9 Pro atau Redmi Note 8 Pro?

Untuk melihat worth it atau tidaknya kita harus terlebih dahulu membandingkan spek kedua HP tersebut.

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro VS Redmi Note 9 Pro

Di bawah ini saya hanya akan membandingkan spesifikasi yang berkaitan dengan performa saja, jadi untuk desain tidak akan saya bahas, kenapa begitu? Tentunya karena desain merupakan masalah selera masing-masing.

Chipset

Dari segi chipset Redmi Note 8 Pro dibekali dengan chipset Mediatek G90T yang memiliki fabrikasi 12nm sedangkan Redmi Note 9 Pro dibekali dengan chipset 720G yang memiliki fabrikasi 8nm. Kedua chipset tersebut tidaklah berbeda jauh performanya, hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan skor AnTuTu keduanya yang hanya berbeda sekitar 15.000 saja.

Lalu, untuk masalah efisiensi daya tentunya chipset dengan fabrikasi yang lebih kecil akan menjadi pemenangnya.

Baterai

Keduanya sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang besar dimana Redmi Note 8 Pro dibekali baterai berkapasitas 4500mAh dan Redmi Note 9 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Lalu, untuk masalah pengisian daya, Redmi Note 8 Pro sudah mendukung Fast Charging 18W sedangkan Redmi Note 9 Pro sudah mendukung Fast Charging 30W.

Disini sudah terlihat jelas siapa pemenangnya bukan.

Layar

Untuk layar, keduanya bisa dibilang memiliki layar yang masih sama persis yaitu sama-sama menggunakan panel IPS dan beresolusi Full HD, hanya ada perbedaan berupa layar Redmi Note 9 Pro yang sudah mendukung HDR 10 dan tingkat kecerahannya yang 50 nits lebih rendah dibanding layar Redmi Note 8 Pro. Untuk pengguna casual, perbedaan tersebut susah untuk dirasakan kecuali Anda benar-benar mencoba memperhatikannya dengan seksama.

Kamera

Untuk masalah kamera, keduanya masih menggunakan sensor kamera utama yang sama. Hanya ada perbedaan berupa wide angle lens yang lebih luas dan pixel kamera makro yang lebih besar di Redmi Note 9 Pro.

Keduanya merupakan sama-sama salah satu smartphone dengan kualitas kamera terbaik di kelas harganya. Seperti biasa, untuk lini Redmi Note ini Xiaomi tidak pernah memberikan kamera dengan kualitas yang mengecewakan.

Kesimpulan

Loh, belum bahas semua spesifikasi kok sudah masuk ke bagian kesimpulan?

Langsung saja saya skip ke bagian kesimpulan karena selain keempat detail spesifikasi di atas, tidak ada lagi perbedaan diantara kedua HP Xiaomi seri Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 9 Pro.

Jika tidak percaya Anda bisa langsung cek spesifikasi lengkap HP tersebut, disini saya hanya ingin menghemat waktu membaca Anda saja.

Lalu, apa kesimpulan dari perbandingan spesifikasi kedua smartphone tersebut?

Jika Anda mengejar performa tertinggi dengan harga terendah serta tidak masalah dengan membeli barang seken maka Redmi Note 8 Pro merupakan pilihan yang harus Anda ambil. Dengan harga seken sekitar 2,5 Juta Anda bisa mendapatkan varian Redmi Note 8 Pro dengan kondisi mulus. Dengan harganya yang hanya sekitar 2,5 jutaan, Redmi Note 8 Pro ini auto menjadi HP kamera terbaik 2 jutaan dengan performa paling gahar.

Kenapa membeli yang seken?

Karena kelangkaan stok Redmi Note 8 Pro baru dan harga barunya yang sangat-sangat overpriced sehingga membuat barang barunya tidak worth untuk dibeli.

Namun, jika Anda anti dengan barang bekas dan tidak terlalu bermasalah dengan performa yang sedikit lebih lambat, tentunya Redmi Note 9 Pro merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda ambil saat ini. Dengan 3 Jutaan saja Anda akan mendapatkan HP Xiaomi dengan kamera yang sedikit lebih baik dari Redmi Note 8 Pro serta memiliki konsumsi daya yang lebih irit dan memiliki kemampuan pengisian daya yang lebih cepat.

Penutup

Demikian pembahasan singkat mengenai perbandingan antara Redmi Note 8 Pro VS Redmi Note 9 Pro di tahun 2021 ini. Meski di atas sudah ada kesimpulan yang bisa Anda jadikan acuan ketika memilih, keputusan tetap ada pada tangan Anda, jadi pilihlah dengan cermat dan sebaik-baiknya agar uang Anda tidak terbuang percuma satu rupiah pun.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *