Tip Mengobati Duka dan Kehilangan pada Masa Pandemi

50 sec read


Kebijakan menjaga jarak selama pandemi Covid-19 membuat kita perlu kreatif menyiasati situasi, khususnya ketika orang yang kita kasihi meninggal dunia. Pasalnya, pertemuan dengan keluarga dan teman di satu lokasi tak memungkinkan.

Bagi sebagian orang, situasi pandemi mungkin membuat proses berduka menjadi lebih sulit. Mengutip laman www.kawalcovid19.id, setidaknya ada lima cara yang bisa dilakukan untuk melalui proses berduka selama masa pandemi.

Pertama adalah hubungi keluarga dan teman setiap hari. Gunakan aplikasi perpesanan singkat maupun media sosial. Jalur komunikasi yang terjalin setiap hari dapat membantu mengingatkan bahwa ada orang-orang yang memperhatikan kita. Kedua, lakukan pertemuan virtual. Anggota keluarga atau teman dapat membantu mengatur pertemuan virtual, misalnya melalui Google Hangouts atau Zoom, untuk berbagi kenangan dan cerita tentang almarhum/almarhumah.

Ketiga, tak ada salahnya untuk bergabung dalam kelompok yang memberikan dukungan bagi orang yang berduka. Berbagi cerita dengan kelompok yang senasib dapat membantu meringankan rasa sedih.  Keempat, cari pilihan virtual untuk menghormati kenangan dan keinginan terakhir almarhum/almarhumah. Pertimbangkan untuk menciptakan kenangan secara online sesuai dengan kebutuhan untuk dibagikan dengan teman dan keluarga, misalnya menyusun buku kenangan virtual. Opsi lain dengan mencari jasa yang dapat memandu pemakaman virtual sehingga anggota keluarga dan teman yang tidak tinggal bersama kita bisa ikut bergabung.

Kelima, adalah mencoba untuk terus mengenang orang yang kita cintai dengan cara apapun. Contohnya, banyak orang yang merasakan manfaat dari membuat catatan harian atau menyiapkan meja kecil yang memajang kenang-kenangan almarhum/almarhumah sebagai bentuk penghormatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *