Sulit konsentrasi saat bekerja? Pahami Penyebabnya

1 min read


KOPI – Sulit konsentrasi saat bekerja pasti mengusik keproduktifan kita. Ketahui beberapa pemicu raibnya konsentrasi waktu bekerja dan langkah menanganinya.

Minimnya konsentrasi menjadi hal yang menggelisahkan, terlebih jika berlangsung saat kita harus bekerja. Kerap kali, keadaan ini adalah tanda jika kita mengalami depresi dan perlu sedikit istirahat.

Depresi atau kekhawatiran akan mengusik fokus Anda dan dapat mengakibatkan hilang konsentrasi.

Dalam pekerjaan, ada banyak hal yang dapat membuat kita hilang konsentrasi, misalkan pemakaian terlalu berlebih sosial media dan gawai. Berikut verrel.net akan mengulas beberapa pemicu sulit konsentrasi saat bekerja yang perlu Anda ketahui:

1. Pengaruh Teknologi

Penyebab kurang fokus bisa saja berawal dari handphone yang nyaris setiap hari dipakai. Smartphone, computer atau sosial media dapat mengusik konsentrasi waktu bekerja. Anda bisa mengatasi ini lewat cara memutuskan agenda waktu Anda bekerja.

Selain itu, tetapkan agenda waktu istirahat untuk buka smartphone. Lakukan diskusi sama dokter jika Anda jadi kesusahan konsentrasi waktu bekerja yang berjalan terus-terusan.

2. Kurang Tidur

Kekurangan tidur dapat mengusik konsentrasi waktu bekerja. Waktu Anda tidur kurang dari 7 atau 8 jam dalam satu hari karena itu bisa mengusik konsentrasi Anda. Jika ini berlangsung, coba untuk tidur bisa lebih cepat esok harinya.

Anda dapat tidur pada siang hari sepanjang 15 s/d 30 menit untuk kembalikan konsentrasi Anda dan stamina waktu bekerja.

3. Kurang Berolahraga

Kurang olahraga bisa juga jadi factor pemicu tidak konsentrasi dalam bekerja. Riset menunjukkan jika olahraga dengan teratur bisa jaga konsentrasi dan tingkatkan kekuatan belajar.

Pasien ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) seharusnya lakukan olahraga secara teratur, sebab hal itu baik sekali membenahi fokus. Olahraga bisa juga tingkatkan stamina dan membenahi kualitas tidur hingga Anda terus fokus saat bekerja.

4. Demensia

Kondisi seperti penyakit Alzheimer mengakibatkan kerusakan pada otak, dan kehilangan daya ingat periode pendek yang kerap berlangsung.

Kehilangan memory periode pendek yang mengakibatkan Anda kerap terlupa akan banyak hal, harus jadi perhatian kalau sudah mengusik kehidupan sosial, pekerjaan atau rumah.

Menjaga ketajaman psikis bisa dilaksanakan dengan masih aktif secara psikis, ditambah lagi latihan fisik dan diet sehat.

5. Perubahan Hormonal dan Anemia

Efek kehamilan pada otak sudah jadi bahan pembicaraan antara beberapa pakar, sebab beberapa wanita hamil memberikan laporan permasalahan kelupaan dan konsentrasi di bulan-bulan selanjutnya.

Disamping itu, sulit konsentrasi dan kecapekan dapat berlangsung karena kekurangan sel darah merah, sebab oksigen tidak diangkut secara baik ke pada tubuh.

Hingga keperluan oksigen berkaitan kecepatan memikir akan alami pengurangan. Anemia dapat diakali dengan perombakan pola hidup dan suplemen nutrisi.

Nah, itulah beberapa penyebab sulit konsentrasi saat bekerja menurut verrel.net yang perlu Anda ketahui! Semoga Bermanfaat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *