Roh Kudus, Karunia, dan Pandangannya

1 min read


KOPI, Jakarta – Roh Kudus merupakan sumber kebenaran dan sudah tertulis dalam Alkitab. Hal ini bisa dilihat dalam Yohanes 14:16-17 yang berbunyi sebagai berikut.

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu? (Yohanes 14:16-17).

Dalam pandangan Kristen, ada banyak arti dari Roh Kudus, ada banyak karunia yang diberikan oleh Tuhan melalui Roh Kudus, dan ada banyak pandangan umat Kristiani dalam Roh Kudus. Simak ulasannya berikut seperti dilansir dari DoaPengasih.

1. Roh Kudus Adalah Tuhan

Rasul Paulus sudah mengajarkan bila para malaikat merupakan arti roh Kudus yang melayani manusia dengan tujuan agar manusia bisa memperoleh keselamatan. Akan tetapi, Roh Kudus bukanlah malaikat yang secara murni adalah spiritual, melainkan Roh Kudus sendiri adalah Tuhan.

2. Roh Kudus Berasal dari Bapa dan Putra

Arti Roh Kudus memang telah menjadi satu dengan Allah Bapa dan Puttra. Putra adalah sabda atau kebijaksanaan yang berasal dari Allah dan Roh Kudus sendiri ialah kasih yang berasal dari Allah Bapa dan Putera. Ini yang menyebabkan Roh Kudus berasal dari Bapa dan Putra.

3. Roh Kudus Adalah Pemberi Kehidupan

Roh dapat diartikan sebagai nafas untuk tubuh yang menjadi pertanda dari kehidupan. Roh memiliki arti kehidupan. Di dalam Perjanjian Lama tertulis bila Roh Allah sendiri yang telah memberikan kehidupan untuk seluruh makhluk yang ada di muka bumi.

4. Roh Kudus Adalah Pembimbing

Sebelum terjadi peristiwa Pentakosta, Rasul dicekam dalam perasaan ketakutan, dikatakan bodoh dan lambat hati. Namun sesudah peristiwa tersebut, yakni turunnya Roh Kudus atas para Rasul, maka Roh Kudus memberikan pengertian sekaligus menguatkan mereka sehingga rasa takut yang tadinya dirasakan berubah menjadi keberanian. Inilah yang menyebabkan Roh Kudus dikatakan sebagai pembimbing.

Demikian penjelasan singkat mengenai Roh Kudus dan maknanya. Semoga bermanfaat, terutama bagi umat Kristiani.

The post Roh Kudus, Karunia, dan Pandangannya appeared first on Pewarta Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *