5 Manfaat Sholat Dhuha yang Luar Biasa

1 min read


KOPI, Jakarta – Sholat dhuha ialah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, ada banyak manfaat dan keutamaan sholat dhuha yang begitu besar bagi yang melaksanakannya.

Apalagi jika sholat tersebut dilaksanakan dengan khusyuk dan secara istiqomah atau rutin sepanjang hari. Insyaallah akan ada banyak berkah dan manfaat yang diperoleh umat muslim.

Apa saja sih manfat atau keutamaan dari sholat dhuha? Dilansir dari Runimas, berikut adalah beberapa manfaat yang luar biasa diperoleh dari menunaikan ibadah sholat dhuha.

1. Dibuatkan Istana di Surga

Dalam hadist riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah, Nabi Muhammad SAW bersabda mengenai keutamaan sholat dhuha 12 rakaat. Bagi yang mengerjakannya, Allah SWT akan membuatkan istana di surga kelak.

“Barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.”

2. Mencegah Penyakit

Setiap gerakan sholat dhuha bisa mengurangi dan bahkan mencegah penyakit. Hal ini dikutip dari buku ‘Berkah Shalat Dhuha’ karya M Khalilurrahman Al Mahfani, seorang profesor medis Dr Ha Ali Saboe dan Prof Dr Vanshreber.

“Setiap penyimpangan dari gerakan sholat akan mengubah fungsi dan manfaat yang ada, dan dalam syariat, hal itu tidak dibenarkan.” tulis dia.

3. Diampuni Dosanya

Allah SWT juga akan mengampuni dosa umat-Nya yang menunaikan ibadah sholat sunnah dhuha di pagi hari. Hal tersebut diriwayatkan oleh hadist Tirmizi, Nabi Muhammad SAW berkata sebagai berikut.

“Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.”

4. Dilimpahkan Rezeki

Siapa saja yang mengamalkan ibadah sholat dhuha pada pagi hari, insyaallah akan mendapat berkah yang berlimpah di siang hari serta hari-hari esoknya. Seperti yang diutarakan Turmudzi dalam hadistnya, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut.

5. Pahala Setara Umroh

Ustaz M Kamaluddin S.Pd, IMM berdasarkan Shahih al-Jami’:6346 dalam buku ‘Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunah Setahun Penuh’ menjelaskan siapa yang mengerjakan sholat dhuha dapat pahala setara umroh.

“Barangsiapa yang mengerjakan sholat fajar (Subuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia sholat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.”

Demikian beberapa manfaat dan keutamaan luar biasa dari sholat dhuha. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi agar kita menjadi semakin giat menunaikannya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *