4 Doa agar Terhindar dari Bencana dalam Islam

1 min read


KOPI, Jakarta – Seperti yang tengah diketahui, saat ini Indonesia tengah dirundung banyak duka. Belum selesainya pandemi Covid-19, ditambah ada banyak bencana alam hingga kecelakaan yang terjadi di dalam negeri.

Mulai dari bencana alam gempa, banjir, tanah longsor, hingga kecelakaan pesawat di Kepulauan Seribu membuat setiap masyarakat Indonesia harus berhati-hati. Selain itu, penting pula untuk memohon perlindungan dari Allah SWT.

Didasarkan pada hadist shahih, ada banyak doa yang bisa diamalkan untuk memohon agar terhindar dari bencana atau penolak bala. Dilansir dari Abiabiz, berikut adalah kumpulan doanya.

1. Doa Pertama

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya:
“Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari)

2. Doa Kedua

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).”

3. Doa Ketiga

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya:
“Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”.

4. Doa Keempat

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Artinya:
“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Demikian beberapa doa dalam agama Islam yang bisa dipanjatkan untuk memohon agar terhindar dari bencana. Mari memperbanyak doa supaya Indonesia tetap berada dalam perlindungan-Nya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *