Universitas Swasta Terbaik di Bandung yang Harus Anda Ketahui –

3 min read


universitas swasta terbaik di Bandung
Universitas Swasta terbaik di Bandung

Setiap tahunnya Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengeluarkan klasterisasi beserta indikator penilaian pendidikan. Hal ini melatarbelakangi pentingnya Anda mengetahui terkait universitas swasta terbaik di Bandung yang memiliki kualitas paling jempolan.

Rekomendasi Universitas Swasta di Bandung

Suatu negara dapat maju apabila kualitas pendidikan masyarakatnya dalam berbagai bidang semakin meningkat. Hal ini menjadi penyebab meningkatnya remaja yang melanjutkan ke perguruan tinggi terutama yang tinggal pada wilayah perkotaan, berikut rekomendasi Universitas Swasta di Bandung:

Universitas Telkom

Pada 14 Agustus 2013 perguruan tinggi yang awalnya memiliki nama STT Telkom merubahnya dan menggabungkan 4 PTS sekaligus menjadi Universitas Telkom atau Telkom University (Tel-U). Terdapat setidaknya 42 program studi untuk tingkatan D3, S1, serta pasca sarjana.

Hampir semua jurusan terakreditasi A, oleh sebab itu kampus swasta ini menjadi salah satu terbaik di Indonesia yakni menduduki posisi ke-14.   Bagi Anda yang berminat mendaftarkan diri , terdapat jurusan favorit yaitu ilmu komunikasi, manajemen bisnis telekomunikasi dan informatika.

Universitas Islam Bandung

Pada awal pendiriannya yakni 15 November 1958 bernama Perguruan Islam Tinggi yang kemudian berganti menjadi UNISBA pada 1969. Prestasi serta kualitas mampu mengantarkannya menduduki peringkat ke-44 nasional menurut Kemenristekdikti, bahkan termasuk salah satu universitas terbaik.

Sampai saat ini peminatnya cukup banyak terutama untuk masyarakat yang berminat mendalami program studi berbasis Islam. Universitas tersebut berlokasi di Jalan Tamansari Nomor 20 yang cukup strategis sehingga para mahasiswa mudah untuk mengaksesnya.

Universitas Pasundan

Perguruan tinggi ini bukan hanya menerima Mahasiswa dari dalam negeri saja melainkan mancanegara seperti Thailand, Singapura, Polandia, Turki, Korea Selatan dan Jerman. Letak kampusnya tersebar pada lima lokasi pusatnya yaitu di Jalan Lengkong Besar No. 68.

Sampai saat ini UNPAS sudah memiliki 7 fakultas yang memiliki program studi menyesuaikan tingkatan gelar 25 untuk S1, 7 pascasarjana (S2), serta doktor (S3). Universitas yang berdiri sejak 1960 sudah memiliki banyak prestasi serta mencetak lulusan terbaik.

Universitas Katolik Parahyangan

UPAR atau Universitas Parahyangan berdiri sejak tahun 1955 sampai saat ini dan sudah terakreditasi A. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap dengan mengunjungi websitenya, terdapat beberapa keterangan mulai dari penerimaan mahasiswa baru, beasiswa, sampai lowongan kerja.

Biaya masuk universitas ini mulai dari Rp. 12,2 juta namun bisa berkurang jika mendapatkan beasiswa. Kampus utamanya berada di Jalan Ciumbuleuit Nomor 94, untuk fakultasnya memiliki 8 unggulan mulai dari Ekonomi, hukum, politik, teknologi industri, teknologi informasi dan sains.

Universitas Komputer Indonesia

Universitas yang terletak di Jalan Dipatiukur nomor 112-116 ini memiliki jenjang pendidikan strata satu dengan 6 fakultas mulai dari hukum, ilmu komputer, desain, sastra, teknik dan ilmu komputer. Selain itu ada program pasca sarjana misalnya sistem informasi, magister manajemen dan desain.

Lokasi kampus cukup strategis didukung dengan kualitas pendidikan serta fasilitas memadai. Hal ini tentu memiliki banyak nilai positif salah satunya para mahasiswa tidak akan kesulitan saat menuju kampus. Sebab bisa mereka akses dengan menggunakan kendaraan umum.

Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI)

Kampus utama terletak di Jalan Terusan Jenderal Sudirman, universitas swasta di Bandung yang merupakan hasil pengembangan serta gabungan dari STTA,STIE, ST MIPA. Program studi pada S1 ada yang sudah menyandang akreditasi A yaitu manajemen dan ilmu hubungan internasional.

Hal ini menjadikannya sebagai universitas yang memiliki banyak peminat, lokasinya terletak di Kota Cimahi namun masuk ke kawasan Bandung karena dulunya masuk ke dalam wilayah kota tersebut. Lokasi kampus ke 2 terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Bandung Jawa Barat.

Universitas Islam Nusantara

Awal pendiriannya pada 30 November 1959 dengan nama Universitas Nahdlatul Ulama, selanjutnya berganti pada 15 April 1969. Kamus yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta No. 530 memiliki mahasiswa bukan hanya dari dalam negeri saja melainkan dari negara-negara Asean.

UNINUS sendiri memiliki 7 fakultas yaitu ekonomi, hukum, pertanian, teknik, komunikasi, agama Islam, keguruan dan ilmu pendidikan. Selain itu pada jenjang S2 sudah terakreditasi A dengan berbagai prestasi yang sudah dicapai oleh alumni. Yaitu Dada Rosada dan Djajang Nurjaman.

Universitas Kristen Maranatha

Dahulunya universitas ini berdiri, sebab perjuangan 130 mahasiswa yang melepaskan diri dari UKI (Universitas Kristen Indonesia) karena adanya masalah internal yang tidak berkesudahan. Hal ini terjadi pada 11 September 1965, namun usaha mereka mampu mendirikan perguruan tinggi baru.

Tercacat sampai 2010 sudah memiliki 8 fakultas, mulai dari kedokteran, psikologi, sastra ekonomi, seni rupa dan desain. Sampai saat ini universitas tersebut semakin berkembang secara signifikan karena terdapat fasilitas penunjang yang mumpuni terutama lab dan tempat praktek.

Universitas Ahmad Yani

Perguruan tinggi ini berdiri sejak 20 Mei 1990 merupakan hasil pengembangan serta gabungan dari STTA. Terdapat program studi yang sudah memiliki akreditasi A Manajemen dan Ilmu Hubungan Internasional. Alumninya sudah tercatat menjadi SDM (Sumber Daya Manusia) unggul.

Unjani sendiri bukan hanya memiliki satu kampus yang berada di Jalan Terusan Jenderal Sudirman, melainkan pada Jalan Terusan Jenderal Gatot Subroto, Bandung. Program studi paling favorit adalah manajemen dan Ilmu Hubungan Internasional dengan akreditasi A.

Demikian penjelasan terkait universitas swasta di Bandung yang banyak peminatnya. Tentu saat akan akan memilih perguruan tinggi biasanya akan melihat mulai dari biaya hidup mulai dari kos, makan setiap harinya dan kebutuhan kuliah.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *