Luncurkan IDNStore, Jurus Mendag M. Lutfi Dorong Ekspor ke Tiongkok

1 min read


Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi meluncurkan platform digital Indonesia Store atau IDNStore. Platform ini merupakan aplikasi e-commerce yang akan membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengekspor produknya ke pasar Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan.

Aplikasi ini mulai dioperasikan pada November 2020. Sebanyak lebih dari 1.000 pelaku usaha telah bergabung dengan platform ini, dan berhasil meningkatkan transaksi perdagangan dengan Hong Kong.

Menteri Perdagangan M. Lutfi menyatakan, perdagangan berbasis elektronik ini mampu mendekatkan pembeli dan penjual, sehingga menciptakan pasar yang lebih luas. Serta di saat yang sama produk buatan Indonesia tidak hanya bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri tetapi bisa kokoh di pasar global.

“Sehingga sangat penting bagi Indonesia untuk mempenetrasi pasar Tiongkok, karena kita digempur banyak platform digital seperti Shopee dan Lazada. Jadi ini (IDNStore) seperti serangan balik dalam sepakbola,” kata Mendag pada peluncuran IDNStore secara virtual, Kamis (14/1).

Apalagi, lanjut Lutfi, saat ini neraca perdagangan Indonesia dengan Tiongkok masih mencatatkan defisit yang besar. Namun kehadiran IDNStore tidak hanya untuk meningkatkan penjualan produk Indonesia ke tiga negara yang tersebut.

IDNStore menunjukkan upaya Indonesia bertransformasi dari negara pengekspor barang mentah dan barang setengah jadi, menjadi pengekspor barang jadi dan barang industri berteknologi tinggi.

Tren ini semakin membaik setiap tahunnya. Meski demikian di era kolaborasi perdagangan internasional saat ini, untuk bisa meningkatkan penjualan ke pasar luar negeri, Indonesia juga harus membuka pasarnya untuk memberikan kesempatan negara lain memasarkan produknya.

“Sehingga kuncinya adalah memastikan bagaimana Indonesia bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas sehingga bisa berkompetisi dengan produk di pasar regional dan global,” kata Mendag.

Di saat yang sama Indonesia juga harus memastikan barang yang masuk dari luar negeri adalah barang yang berkualitas, yang dapat membantu pelaku usaha di dalam negeri untuk bisa bersaing atau meningkatkan produksi yang berorientasi ekspor.

“Oleh sebab itu, ini adalah terobosan yang harus kita kerjakan. Mudah-mudahan dengan platform IDNStore, Indonesia bisa memanfaatkan pasar Tiongkok,” ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Tiongkok yang merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun mengatakan, bahwa pada 2019 Indonesia menduduki peringkat lima di ASEAN dengan nilai perdagangan terbesar dengan Tiongkok, kemudian naik ke peringkat empat pada 2020.

“Saya sangat berharap, di tahun 2021 tren ini bisa terus berkembang. Mudah-mudahan dengan adanya IDNStore membawa perbaikan terhadap kinerja ekspor,” kata Djauhari.

Berikut databoks perkembangan nilai ekspor Indonesia ke Tiongkok:

Di samping itu, kontribusi ekonomi digital Tiongkok nyaris 33%, sementara Indonesia hanya 3%. Dalam konteks inilah, kehadiran IDNStore semakin relevan, karena UMKM memiliki kesempatan yang besar untuk meningkatkan penetrasinya ke pasar Tiongkok melalui platform IDNStore.

“Tentunya semua ini untuk kepentingan kinerja ekspor Indonesia. Semoga launching IDNStore hari ini, dapat berkembang sehingga ke depan bisa mendorong ekspor ke Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan,” ujarnya.

Fitur-fitur yang Ditawarkan IDNStore

Platform yang berbasis B2B ini, turut difasilitasi oleh beberapa bahasa. Dari metode pembayaran pun, IDNStore telah terintegrasi dengan Union Pay, Mastercard hingga We chat pay.

IDNStore juga memiliki beberapa fitur seperti QR Code Shopping, Live E-Exhibition, logistik transaksi, payment gateway, serta layanan 24 jam.

Saat ini, IDNStore telah berhasil memfasilitasi investasi yang berorientasi ekspor, untuk komoditas buah naga dan pisang. Barang ini telah diekspsor ke pasar Tiongkok, Jepang, Arab Saudi juga Uni Emirat Arab.

“IDNStore juga berperan sebagai inkubator, sekaligus pijakan bagi UMKM dalam menyasar pasar ekspor,” kata Mendag M. Lutfi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *