6 Tips Merawat Motor agar Selalu Awet dan Prima

2 min read


KOPI, Jakarta – Motor merupakan kendaraan pribadi dengan pengguna terbanyak di Indonesia, hampir semua orang di Indonesia kini memiliki motor, mulai dari yang muda hingga yang tua, dari yang miskin sampai yang kaya semuanya saya yakin mayoritas memiliki setidaknya satu motor dirumahnya.

Populernya penggunaan motor di Indonesia tidak terlepas dari motor itu sendiri yang memiliki sifat praktis, murah dan memiliki banyak fungsi serta kegunaan dikehidupan sehari-hari.

Karena fungsi dan kepraktisannya itulah motor digunakan hampir setiap hari oleh orang Indonesia untuk kegiatan sehari-hari seperti kerja, sekolah, kuliah, dan berbagai kegiatan lainnya.

Namun, meski motor ini begitu populer dan sering digunakan oleh orang Indonesia tapi sayangnya masih banyak orang yang menggunakan motor hanya sekedar menggunakan saja dan tidak merawatnya, padahal motor juga seperti kendaraan lainnya yang butuh perawatan agar memiliki tampilan dan performa yang baik.

Nah, karena alasan masih banyaknya orang yang menggunakan motor tanpa tahu bagaimana cara merawatnya, pada kali ini saya akan membagikan beberapa tips merawat sepeda motor agar selalu awet dan prima.

1. Selalu Pastikan Ban Punya Tekanan Angin yang Pas Sebelum Berkendara

Tips pertama ini terdengar sepele tapi nyatanya hal ini berpengaruh pada keawetan velg dan ban motor Anda. Jika Anda sering menggunakan motor Anda dengan kondisi tekanan angin ban yang kurang maka ban akan mudah retak dan juga akan membuat velg cepat bengkok atau retak. Oleh karena itu penting sekali untuk selalu memastikan ban Anda punya tekanan angin yang pas sebelum berkendara.

2. Simpan Motor dengan Benar

Ketika motor sedang tidak digunakan, penting untuk selalu menyimpannya dengan benar, maksudnya adalah selalu simpan motor Anda di tempat yang punya sirkulasi udara baik dan aman dari genangan air. Selain itu, di kutip dari Aufaproject.com, jika motor ingin terlihat bagus tampilannya maka penting untuk menyimpannya di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung agar cat pada motor tidak cepat kusam dan selalu terlihat bagus.

3. Rajin Memanaskan Motor

Motor yang jarang dinyalakan dikhawatirkan mengalami penuruan performa, karenanya penting untuk selalu memanaskan motor saat motor tidak digunakan setidaknya selama 15 menit perhari untuk menjaga performa motor tetap prima.

4. Rajin Ganti Oli

Oli sendiri berfungsi sebagai pelumas serta pendingin mesin ketika motor sedang bekerja, jika oli sudah tidak bagus kondisinya dan tidak diganti maka mesin motor akan berpotensi mengalami overheating dan berdampak pada berkurangnya performa motor. Oleh karena itu ganti oli secara rutin merupakan hal yang wajib Anda lakukan, ganti oli setiap maksimal 2 bulan sekali atau sesuaikan dengan pemakaian motor yang Anda lakukan.

5. Rajin Cek Kondisi Aki

Aki pada sepeda motor merupakan jantung yang menyuplai listrik pada berbagai komponen elektronik motor seperti lampu, klakson, dan electric starter. Karena fungsinya yang sangat vital tersebut, penting untuk selalu mengeceknya setiap beberapa bulan sekali dan mengisinya kembali ketika sudah kekurangan daya.

6. Rajin Servis

Meski sudah rajin ganti oli, masalah-masalah lain yang tidak Anda sadari gejala atau penyebabnya mungkin akan tetap muncul pada motor Anda, karenanya Anda butuh melakukan servis rutin ke bengkel resmi atau bengkel yang Anda percayai setiap beberapa bulan sekali untuk mendeteksi masalah-masalah yang tidak Anda sadari penyebab atau gejalanya tersebut dan memperbaikinya.

Penutup

Demikian beberapa tips-tips merawat sepeda motor yang bisa saya sampaikan, semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini masih kurang memerhatikan motornya.

Sekian dan terimakasih atas waktu yang telah Anda sempatkan untuk membaca artikel ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *