Tips Melindungi Laptop dan PC dari Serangan Virus

1 min read


KOPI, Jakarta – Virus atau malware bisa dikatakan sebagai hantu yang selalu berkeliaran untuk menyerang perangkat komputer serta laptop. Selain disebut sebagai hantu, virus atau malware ini juga mempunyai nama lain yakni penyakit yang setiap saat ini bisa menyerbu. Jika manusia membutuhkan perlindungan dari penyakit, maka laptop atau PC tersebut membutuhkan tameng untuk menghadang virus dan malware.

Bagi anda yang mempunyai perangkat laptop atau PC namun sering sekali terjadi masalah seperti terserang virus, mungkin anda belum memasang antivirus untuk melindunginya. Selain itu, kami juga mempunyai Tips Untuk Melindungi Laptop atau PC dari Virus yang bisa anda terapkan untuk perangkat dari ancaman malware.

Berikut ini tips untuk melindungi laptop atau PC dari virus

Install Software Antivirus

Tips Untuk Melindungi Laptop atau PC dari Virus yang pertama ialah anda bisa menginstall sofware antivirus handal yang bisa didapat di internet. Anda tak perlu membeli yang berbayar, karena yang gratis seperti AVG dan Avira pun bisa dimanfaatkan untuk melindungi laptop. Jika anda mempunyai dana cukup, lebih baik pakai yang berbayar untuk menjamin perlindunganya.

Perbarui Sistem Operasi

Langkah kedua yang perlu untuk anda lakukan ialah memperbarui sistem operasi. Karena pembaruan OS tesebut sangat peting sekali untuk dilakukan agar komputer atau PC tetap terlindungi dari semacam eksploitasi atau crack berbahaya. Maka dari itu, teraturlah untuk memperbarui sistem operasi.

Pakai Online Antivirus Scanner

Tips yang ketiga ini berbeda dengan antivirus offline, dimana online antivirus scanner tersebut berguna untuk mengintegrasi layanan email yang menggunakan pemindai antivirus online serta memeriksa apakah email anda menerima file berbau virus atau tidak.

Pakai Firewall

Tips Untuk Melindungi Laptop atau PC dari Virus berikutnya ialah dengan memakai Firewall. Firewall tersebut sangatlah penting karena bermanfaat untuk menyaring serta memonitor data yang terkirim serta diterima malalui internet.

Gunakanlah Password yang Kuat

Gunanakanlah password yang kuat untuk melindungi perangkat laptop atau PC. Usahakan juga untuk mempunyai password yang berbeda disetiap account. Caranya ialah bukan Control Panel dan pilih User Account.

Memindai USB

Memindai USB atau flashdisk juga sangat penting sekali, karena kedua alat tersebut biasa digunakan untuk mentransfer data antar laptop. Takutnya, disaat transfer berlangsung ada virus yang terkandung dan bisa membahayakan laptop.

Itulah informasi Tips Untuk Melindungi Laptop atau PC dari Virus yang bisa kami sajikan. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi teknologi lainnya bisa kunjungi mikirtekno.com, Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *