Fakta Menarik Kue Klepon yang Manis dan Pernah Viral

3 min read


KOPI, Fakta Menarik Kue Klepon – Siapa yang ingin tahu dengan kue satu ini sebab sempat trending beberapa lalu? Kue manis berupa bundar warna hijau dengan taburan kelapa parut itu dikenali selaku kue klepon.

Yup, jajanan kue klepon terhitung salah satunya jajanan pasar yang telah sedikit susah diketemukan. Tetapi, jika kalian usaha sedikit karena itu bisa mendapati kue ini di pasar tradisionil, kok.

Klepon umumnya dikonsumsi selaku cemilan di sore hari sekalian minum teh atau kopi. Tetapi ada pula yang menyukai mengonsumsi klepon selaku menu makan pagi. Umumnya dipertemukan dengan getuk dan cenil yang sama legit dan manis.

Untuk sekarang ini, klepon tidah cuman dibikin dengan bentuk bulatan, tetapi ada sebagian orang yang bereksperimen mengolahnya menjadi klepon cake yang rasanya tidak kalah dengan bentuk aslinya.

Fakta Tentang Kue Klepon

Rupanya kue klepon punyai banyak fakta unik dan menarik. Jajanan pasar ciri khas Indonesia ini bahkan juga telah populer sampai luar negeri. Dibanding makin ingin tahu, yok, baca penjelasannya di bawah ini!

1. Belum Ada yang Tahu Kapan Klepon Ditemukan

Sampai sekarang ini, ya, tidak ada yang tuliskan dengan tentu kapan pertama kalinya klepon dihidangkan selaku kue ciri khas tradisionil Indonesia. Bisa kue manis ini telah ada semenjak jaman Majapahit, lho.

Siapakah yang tahu, kan? Walau demikian, klepon dipercayai berawal dari Tanah Jawa sebab mempunyai watak makanan yang condong manis memakai gula merah.

2. Memiliki Banyak Sebutan

Selain menjadi bintang di Pulau Jawa, nih, klepon ada juga di sejumlah wilayah yang lain di Indonesia bahkan juga negara tetangga.

Kue ini dapat diketemukan di Sumatra, Sulawesi, dan Malaysia dengan panggilan onde-onde atau buah Melaka. Sedang, onde-onde di Pulau Jawa ialah kue yang berupa bola kecil-kecil diolesi wijen dan berisi kacang tanah.

Umumnya, klepon dipasarkan berdampingan dengan getuk dan cenil dan jadi pengiring teh tawar hangat. Bahkan juga banyak yang jadikan klepon selaku menu makan pagi.

3. Terdapat Juga  di Belanda

Kemungkinan bukti ini sedikit akan membuat kalian bingung. Tetapi, ini telah bisa dibuktikan dalam buku dengan judul Indisch leven in Nederland (2006) punya J. M. Meulenhoff.

Dalam bukunya tercatat, di tahun 1950-an imigran Indonesia di Belanda sudah mengenalkan klepon ke warga lokal. Mulai sejak itu, klepon banyak dipasarkan di restaurant Belanda, China, dan Indonesia.

Kemungkinan bila kalian sedang bertandang ke Belanda, dapat mendapati kue ciri khas Indonesia ini di restaurant, toko, atau supermarket di Negeri Kincir Angin itu.

4. Terdapat di Beberapa Upacara Adat

Bertepatan dengan jajanan pasar yang lain, klepon dihidangkan dalam beberapa upacara tradisi di Tanah Air. Misalkan saja di kota Bandung, klepon dipakai pada acara tradisi khitanan, pernikahan, sedekah, dan sukuran seperti berpindah rumah.

Klepon dan beberapa jajanan pasar yang lain akan diatur demikian rupa di atas satu tampah yang sudah dihias dengan daun pisang. Kalian bisa juga, mendapati tampah jajanan pasar di beberapa pasar tradisionil.

5. Klepon Jawa vs Klepon Bali

Di Pulau Bali ada juga kue pasar bernama Jaja Klepon. Bila kalian cuman dengar namanya saja, tentu menduga memiliki bentuk akan sama dengan klepon yang berada di Jawa. Walau sebenarnya, jaja klepon mempunyai wujud berlainan dari klepon biasanya.

Bila klepon berupa bundar dengan taburan kelapa parut, karena itu jaja klepon berupa sedikit oval dan meruncing di kedua ujungnya. Klepon Bali berasa lebih kenyal serta lebih tipis kulitnya bila dibanding klepon jawa. Meskipun berlainan wujud rasanya sama nikmat.

6. Memiliki Filosofi yang Kuat

Kecuali mempunyai rasa yang nikmat, rupanya klepon punyai filosofi yang kuat mengenai kehidupan. Klepon adalah simbol keserhanaan yang dapat beralih menjadi suatu hal spesial.

Ini nampak dari beberapa bahan simpel yang dipakai waktu membuat klepon, tetapi sukses jadi suatu hal yang manis dalam tiap gigitannya. Warna hijau pada klepon menyimbolkan kesejahteraan dan kesuburan yang berada di beberapa pulau di Indonesia.

Makan klepon bisa juga latih kita untuk makan dengan mulut tertutup dan tidak bicara. Sebab bila kalian makan klepon sekalian bercakap, bisa-bisa gula merah cair akan muncrat keluar dari mulut kalian.

7. Mempunyai Kandungan Karbohidrat Tinggi

Klepon memakai tepung ketan selaku bahan landasan intinya. Kemudian diisi gula merah dan tertutupi baluran kelapa parut. Tentunya telah terpikir bagaimana sedapnya kue jajanan pasar ini. Kandung tepung ketan dalam klepon membuat kue ini berkadar karbohidrat yang tinggi.

elain itu gula merah memiliki kandungan beberapa vitamin dan zat besi yang dibutuhkan badan. Tidaklah aneh, kalian akan kenyang bila melahap klepon lebih dari 2 butir.

8. Inovasi Berbagai Rasa dan Bentuk

Tidak dapat disangkal jika jaman saat ini, bermacam tipe makanan selalu bereksperimen. Dari yang awalannya siomay cuman berisi ayam atau udang, saat ini telah ada siomay charcoal dengan topping sauce mentai. Lalu, bagaimana dengan pengembangan yang dilaksanakan pembikin klepon?

Fakta menarik kue klepon yang terkahir adalah selain menjaga cita-rasa tradisionil, klepon banyak berkembang. Sekarang ini banyak orang yang bereksperimen dengan rasa dan wujud modern seperti ubi ungu, green tea, vanilla, selai cokelat, dan lain-lain. Bahkan juga, ada pula yang memadukan klepon dengan kue nastar.

Untuk kalian yang menyukai cake, ternyata ada klepon cake yang banyak dijual di toko roti! Tidak ingin kalah, tuch, kopi juga ada yang di-mix dengan resep klepon! Wah, bagimana rasanya? Sudah pasti nikmat.

Itulah tadi fakta menarik kue klepon yang sempat viral. Selaku salah satunya jajanan asli Indonesia, telah sepantasnya kita jaga keberadaan klepon supaya tidak musnah.

Sepakat tidak? Dari 8 bukti di atas, yang mana paling membuat kamu menggeleng kepala? Tuliskan pada kolom tanggapan, ya!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *