Foto Pilihan Pekan Ini, dari Sriwijaya hingga Gempa Majene

3 min read


Belum genap sebulan memasuki 2021, peristiwa datang silih berganti melanda Tanah Air. Diawali dengan berita duka jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Jakarta-Pontianak yang membawa 62 penumpang, Sabtu (9/1/2021). 

Pada hari yang sama, bencana longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Korban tewas 24 orang, dan masih ada yang berstatus dalam pencarian. Daerah ini pun ditetapkan sebagai kawasan berstatus tanggap darurat selama 21 hari oleh Pemkab Sumedang.

Keesokan harinya, pada Minggu hingga Selasa, 10-12 Januari 2021, Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar. Meski begitu Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi menyatakan statusnya masih siaga.

Tak sampai seminggu kemudian, banjir merendam ribuan rumah di berbagai daerah, Kamis (14/1/2021). Ketinggian banjir bervariasi dari 10 hingga 300 centi meter.

Jumat dini hari (15/1/2021), gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Sebanyak 27 orang meninggal dalam gempa tersebut.

Di tengah berbagai peristiwa pilu, ada secercah harapan melawan pandemi. Rabu (13/1/2021) lalu vaksin Covid-19 sudah mulai disistribusikan dan disuntikan kepada tenaga medis, kemudian ke masyarakan umum.

Berikut ini bidikan lensa kamera fotografer yang mengabadikan berbagai persitiwa dalam sepekan terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *