Tips Berkendara Aman Dengan Motor Ber-CC Besar

2 min read


Berkendara dengan motor ber-CC besar tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Selain karena harganya yang mahal, motor dengan CC besar ini biasanya tampil dengan desain yang elegan dan terlihat mewah. Membuat siapapun yang mengendarainya akan tampak gagah dan royal.

Namun, berkendara dengan motor ber-CC besar tidak boleh sembarangan. Bagi Anda yang baru saja membeli atau tertarik untuk memiliki motor dengan CC besar ini, perlu mengetahui cara berkendara yang baik dan benar. 

Mengingat mesin dalam motor ini memiliki kapasitas yang besar dan kinerja yang berbeda dengan motor matic atau motor bebek pada umumnya. Sehingga cara Anda mengendarainya pun akan sedikit berbeda.

Nah, pada artikel kali ini, Wahana Honda akan memberikan informasi mengenai tips berkendara aman dengan motor ber-CC besar. Apa saja kira-kira yang perlu diperhatikan? Simak artikelnya berikut ini, ya.

Tips Berkendara Aman dengan Motor Ber-CC Besar

1. Kenali motor terlebih dahulu 

Jika Anda adalah seorang pemula yang baru pertama kali mengendarai motor ber-CC besar. Ada baiknya untuk mengenali seluk beluk motor tersebut terlebih dahulu. Bisa dengan menuntun atau mendorongnya dengan kondisi mesin mati. 

Hal ini bertujuan untuk mengetahui berat dari motor tersebut saat ditunggangi sekaligus mengenali cara yang tepat untuk membelokkannya. Tak hanya itu, para pengendara motor ber-CC besar ini juga sering mengalami kerepotan saat akan memarkirkan kendaraan mereka. Dengan bodinya yang besar dan sisa space parkiran yang sedikit tentu akan membuat Anda harus pintar-pintar dalam mengendalikannya.

So, tahap pengenalan motor menjadi salah satu yang harus dilakukan agar Anda dapat menguasai dan mengontrolnya secara penuh.

2. Postur berkendara

Berikutnya, karena bodi motor yang cukup besar, Anda juga harus memperhatikan postur tubuh pada saat berkendara. Terutama jika Anda tidak cukup tinggi untuk mengendarai motor ber-CC besar ini.

Berdasarkan panduan safety riding, setidaknya terdapat 7 bagian tubuh yang harus diperhatikan pada saat berkendara. Meliputi jari jemari, bahu, siku, pandangan mata, lutut, pinggul hingga ke bagian kaki.

Dalam prakteknya, Anda disarankan untuk tetap duduk mengendarai motor dengan posisi tubuh yang tegap. Hindari posisi membungkuk karena akan membuat Anda lebih cepat lelah dan pegal. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan bagian lutut pada tangki bensin untuk mengurangi rasa cape selama berkendara di jalan raya.

3. Perhatikan komponen gas dan rem motor

Anda juga diharuskan mengetahui seberapa besar tenaga yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Sebagai contoh awal, Anda bisa mengendarai motor tersebut dengan menarik gas secara perlahan. Untuk berlatih mengendarai motor ber-CC besar ini sebaiknya gunakan jalanan yang sepi dan jarang terdapat anak kecil untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, setelah Anda mengenali kinerja gas motor tersebut, Anda juga harus mengetahui bagaimana kinerja remnya. Apakah sudah cukup responsif atau malah sebaliknya? 

Nah, dengan mengenali penggunaan rem ini juga akan membuat Anda mengetahui waktu yang tepat untuk menghentikan motor tersebut saat berkendara di jalan raya. Karena seperti yang kita tahu, penggunaan rem tidak disarankan secara dadakan. 

4. Berlatih mengendarai motor di belokan dan jalanan yang sempit

Bobot motor ber-CC besar tentu lebih berat jika dibandingkan dengan motor matic atau motor bebek pada umumnya. Hal ini membuat Anda harus bisa mengontrol motor tersebut agar tidak jatuh sewaktu-waktu, terutama saat Anda akan berbelok di sebuah tikungan. Pastikan Anda kuat dan bisa menahan berat motor tersebut dengan baik.

Kemudian, jalanan sempit juga menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengendara motor ber-CC besar. Karena bodinya yang jumbo membuat motor ini akan mengalami kesulitan jika dihadapkan pada jalanan yang tidak terlalu luas. Tak terkecuali saat Anda akan memarkirkan motor di mall yang seluruh lahannya sudah hampir penuh digunakan. 

Dalam posisi seperti ini, Anda dituntut untuk benar-benar bisa mengendalikan motor tersebut sepenuhnya.

Nah, itulah tadi beberapa tips berkendara aman dengan motor ber-CC besar. Anggapan bahwa motor ini berbahaya dan tidak cocok untuk pemula tentu tidaklah benar. Hanya saja, perlu latihan khusus serta pengendalian diri yang baik agar pengalaman berkendara Anda tetap nyaman selama di jalanan. 

Selain itu, kinerja mesin motor yang cukup liar juga harus menjadi perhatian lebih. Hindari berkendara ugal-ugalan di jalan raya dan tetaplah menggunakan perlengkapan safety riding untuk melindungi Anda dari risiko-risiko yang tidak diinginkan. 

Label :
Big Bike
Wahana Makmur Sejati
Honda Big Bike 500cc
Tips Motor Honda
Wahanahonda



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *