Mengenal Ban Dual Purpose Dan Plus Minusnya Dalam Safety Riding

2 min read


Pernahkah Anda mendengar istilah ban dual purpose? Bagi Anda, para pengendara motor yang hobi melakukan modifikasi pastinya sudah tidak asing dengan istilah tersebut dong? Terlebih jika Anda juga gemar melakukan gonta-ganti ban motor sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Nah, ban dual purpose menjadi salah satu jenis ban yang wajib banget Anda ketahui kegunaannya. Bukan tanpa sebab ban ini diberikan nama “dual purpose” atau “dua kegunaan” karena memang ia dapat digunakan berkendara dalam berbagai macam medan jalanan, baik off-road maupun on-road.

Tak heran jika kemudian penggunaan ban ini cukup banyak diterapkan oleh para pengendara motor yang hobi melakukan touring ke medan-medan yang sulit ditempuh oleh ban motor biasa. Karena mereka tak perlu repot-repot lagi melakukan penggantian ban setiap kali akan melakukan perjalanan. Cukup dengan satu ban saja dan seluruh kebutuhan berkendara dapat dilibas dengan mudah.

Namun sebelum memutuskan untuk mengganti ban motor Anda yang sekarang dengan model dual purpose, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu plus minus dari penggunaan jenis ban motor yang satu ini. Berikut pembahasan lengkapnya dari Wahana Honda untuk Anda.

Plus Minus Penggunaan Ban Dual Purpose

1. Nyaman digunakan berkendara dalam berbagai medan jalan

Dengan ban motor jenis dual purpose ini, Anda tak perlu khawatir lagi soal melewati jalanan yang rusak, kurang mulus, berbatu dan lain-lain. Karena pengalaman berkendara Anda pun tidak akan terganggu dengan kondisi jalanan yang buruk tersebut. Sebaliknya, ban ini akan memberikan Anda kenyamanan meski saat Anda melewati medan yang kurang ramah dengan kendaraan.

Hal ini didukung oleh motif dari tapak ban tersebut serta material pembuatannya yang membuat jenis ban dual purpose ini jauh lebih awet dan sigap untuk menebas berbagai macam medan jalanan.

2. Tidak mudah aus

Karena terbuat dari material berkualitas dan berbeda dengan ban on-road pada umumnya. Membuat ban dual purpose ini memiliki usia pakai yang cukup panjang serta tidak mudah aus. Anda bisa menggunakannya berkendara kapan pun di medan apapun tanpa harus takut ban motor mengalami kondisi gundul dalam waktu yang singkat.

3. Lebih mulus saat digunakan berkendara di tikungan

Berikutnya, permukaan ban dual purpose ini juga memiliki kekuatan yang cukup baik. Hal ini memungkinkan ban tersebut dapat memperluas landasan serta lebih nyaman saat digunakan untuk melewati tikungan.

4. Kekuatan cengkraman yang kurang maksimal

Beralih pada kekurangan dari sektor ban dual purpose, ban ini memiliki kekuatan cengkraman yang kurang jika dibandingkan dengan ban on-road pada umumnya. Terlebih jika Anda hanya menggunakan ban ini untuk berkendara di jalan raya tanpa pernah menggunakannya di medan jalan yang terjal.

5. Tidak cocok untuk motor sport

Jenis motor yang bermanuver dengan kecepatan tinggi sangat tidak dianjurkan menggunakan ban model dual purpose. Hal ini akan membuatnya menjadi kurang optimal saat digunakan berkendara pada motor sport. Desain ban dual purpose juga terlihat lebih menonjol, tentu agak kurang pas jika diaplikasikan pada jenis motor sport.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai definisi dari ban dual purpose serta kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda ingin menggunakan ban ini sebagai salah satu perangkat untuk menemani pengalaman berkendara yang nyaman dan mumpuni, perhatikan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya di atas. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui jenis ban seperti apa yang terbaik untuk kendaraan dan kebutuhan Anda.

Label :
Wahana Makmur Sejati
Safety Riding
Yayasan Wahana Artha
Tips Motor Honda
Tips Saat Hujan
Wahana Honda
Ban Motor
Motor Honda
Honda Motor



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *