Hal Yang Harus Anda Persiapkan Untuk Touring Motor Akhir Tahun

3 min read


Tak terasa kita sudah berada di penghujung akhir tahun 2020. Bisa dibilang tahun ini merupakan tahun yang cukup sulit bagi banyak orang. Tak sedikit dari mereka yang harus bangkrut akibat bisnisnya tak berjalan dengan baik, ada juga yang kehilangan lapangan pekerjaan karena efisiensi karyawan yang dilakukan oleh perusahaan.

Nah, karena masa-masa sulit tersebut, akhir tahun 2020 ini harus kita sambut dengan cara yang ceria dan membahagiakan. Tak ada salahnya jika ingin menghibur diri dan melepas penat terhadap stres yang sudah menghantui beberapa waktu belakangan. Touring motor menjadi salah satu opsi refreshing yang bisa Anda coba, baik sendiri, bersama keluarga atau dengan teman sejawat.

Namun untuk melakukan touring tersebut, Anda harus menyiapkan berbagai macam perlengkapan untuk menunjang pengalaman berkendara Anda selama di jalan. Pada artikel kali ini, Wahana Honda akan memberikan Anda informasi mengenai hal apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum touring motor akhir tahun.

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Touring Akhir Tahun

1. Gunakan jaket yang tebal

Ada begitu banyak jenis jaket yang dijual di pasaran. Namun tidak semuanya dapat digunakan untuk menemani Anda berkendara selama touring. Terlebih jika tujuan touring Anda memiliki jarak yang cukup jauh.

Anda harus menggunakan jaket yang berbahan tebal untuk menangkal hawa dingin selama Anda berkendara. Dengan demikian, kondisi tubuh Anda pun akan tetap terjaga dan fit setelah sampai di tujuan nantinya. Selain itu, penggunaan jaket yang tebal ini juga berguna untuk meminimalisir cedera luka apabila sewaktu-waktu Anda terjatuh atau mengalami kecelakaan di tengah jalan.

2. Pastikan selalu mengenakan helm SNI

Helm SNI menjadi salah satu perlengkapan safety riding yang wajib digunakan oleh semua pengendara motor tanpa terkecuali. Alat ini digunakan untuk melindungi kepala Anda dari segala jenis benturan serta bagian kaca depan (visor) dari helm tersebut dapat diandalkan untuk menangkal debu, pasir dan hewan-hewan kecil yang sering berterbangan di jalan raya. Dengan demikian, Anda tidak akan kelilipan selama berkendara.

3. Masker yang aman dan sesuai standar

Karena pandemi virus corona saat ini masih berlangsung, Anda harus berkendara dengan menaati protokol kesehatan yang diberlakukan. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk selalu mengenakan masker di mana pun Anda berada.

Tujuannya, selain untuk menghindarkan Anda dari penularan virus corona selama di jalan, masker juga akan melindungi diri Anda dari polusi udara yang ada di sekitar. 

4. Jas hujan

Seperti yang kita tahu, akhir tahun sangat identik dengan musim hujan. Maka dari itu, Anda juga harus membekali diri dengan jas hujan yang ditaruh di dalam jok maupun tas ransel yang Anda bawa. Tujuannya tentu saja tak lain dan tak bukan adalah untuk mengantisipasi apabila turun hujan di tengah Anda yang sedang berkendara. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi Anda untuk membawa jas hujan dengan warna-warna yang cerah atau terang. 

Hindari penggunaan warna gelap seperti hitam atau biru dongker yang akan membuat pengendara lain kesulitan melihat keberadaan Anda selama di jalan. Karena pada saat hujan turun, jarak penglihatan para pengendara pun tidak akan maksimal. Terlebih jika jalanan gelap dan minim dengan lampu penerangan. Tentu akan sangat sulit bagi mereka melihat kondisi jalan secara keseluruhan.

Penggunaan jas hujan dengan warna-warna cerah dapat dijadikan solusi untuk agar tetap terlihat meskipun hujan yang terjadi cukup lebat.

5. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Sebelum memutuskan untuk mengajak kuda besi Anda touring, pastikan bahwa seluruh komponen di dalamnya berada di kondisi prima. Ada baiknya Anda melakukan service motor terlebih dahulu sebelum membawanya berkendara untuk touring. Dengan demikian, seluruh komponen yang bermasalah atau rusak dapat segera diganti sehingga tidak akan mengganggu pengalaman Anda selama berkendara.

6. Gunakan sepatu khusus untuk touring

Yup, untuk touring Anda juga harus menggunakan sepatu khusus yang dapat meng-cover seluruh bagian kaki Anda. Terutama pada bagian ankle, tulang kering serta jari-jari. Dengan demikian, risiko mengalami cedera ketika motor jatuh atau tergelincir dapat diminimalisir.

Pastikan juga sepatu tersebut memiliki build quality yang cukup bagus serta anti air karena Anda akan berkendara di tengah musim hujan. Jangan sampai Anda hanya mengenakan sepatu yang berbahan dasar tipis, mudah robek dan basah karena akan sangat mengganggu ketika Anda berkendara.

7. Siapkan kondisi fisik

Yang terpenting dari poin-poin di atas adalah Anda harus menyiapkan kondisi fisik dan mental secara keseluruhan. Pastikan Anda sudah siap untuk berkendara jarak jauh dan siap menerima berbagai macam risiko yang ada. Mulai dari kehujanan di tengah jalan, kelelahan, dll.

Namun Anda bisa mengurangi faktor risiko tersebut dengan membekali diri perlengkapan yang memang dibutuhkan. Tak ada salahnya juga Anda membawa obat-obatan dan kotak P3K. Selain itu, disarankan Anda harus melakukan touring dengan cara berboncengan agar tidak mudah mengantuk dan ketika lelah, Anda pun bisa bergantian mengendarai motor tersebut.

Demikianlah artikel mengenai persiapan touring motor untuk akhir tahun yang perlu Anda ketahui. Jika tujuan touring Anda cukup jauh, ada baiknya untuk mengambil istirahat setiap 2 jam sekali atau berkendara secara bergantian. Terlebih jika Anda sudah merasa mengantuk, lelah, tangan kesemutan atau bahkan mati rasa.

Label :
Cari Aman
Wahana Makmur Sejati
Safety Riding
Yayasan Wahana Artha
Berkendara Aman
Wahana Honda
Wahanahonda
Tips Motor
Motor Honda



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *